Prabowo Janji Jaksa Agung Bukan dari Parpol, Rizal Ramli Ingatkan Begini

Prabowo Janji Jaksa Agung Bukan dari Parpol, Rizal Ramli Ingatkan Begini
Prabowo Janji Jaksa Agung Bukan dari Parpol, Rizal Ramli Ingatkan Begini
Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto berjanji tidak akan mengangkat jaksa agung dari parpol bila memang Pilpres 2019. Ekonom Rizal Ramli langsung angkat bicara.

Janji itu disampaikan koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. Menurut dia, nantinya posisi jaksa agung akan diberikan kepada orang profesional, bukan dari parpol.

"Pak Prabowo sudah sampaikan tidak pernah angkat Jaksa Agung dari parpol. Dipastikan orang yang duduki jabatan Jaksa Agung adalah orang yang tidak berasal dari parpol tetapi punya integritas yang baik. Itu poinnya," jelas Dahnil, Sabtu (12/1/2019) seperti dikutip dari Detikcom.

Dia mengatakan pihaknya sudah menerima kisi-kisi 20 pertanyaan untuk debat pada Kamis (17/1/2019). Pertanyaan tersebut terkait HAM, korupsi, dan terorisme.

Menurut Dahnil, soal pemberantasan korupsi sudah masuk dalam visi misi Prabowo-Sandi. Lalu, ia menekankan dalam visi misi sudah dijabarkan tiga aspek pemberantasan korupsi.

Aspek pertama memastikan gerakan anti korupsi itu menjadi budaya. Maka itu, dalam visi misi itu pemberantasan korupsi mesti jadi gerakan.

Lalu, aspek kedua dengan melakukan pemberantasan korupsi bahwa kepemimpinan itu harus kuat. Dengan pemimpin kuat maka presiden mampu konsisten dalam pemberantasan korupsi tanpa tersandera oleh kepentingan apa pun.

"Itulah kalau anda membaca dana politik kita dibiayai oleh Prabowo-Sandi. Ini untuk memastikan ketika beliau berdua jadi presiden dan wakil presiden tidak tersandra oleh conflict of interest, atau kepentingan rente dari kelompok tertentu," jelasnya.

Kemudian, aspek ketiga memastikan penegakan hukum. Terutama para penegak hukum yang mendukung peran pemberantasan korupsi. Ia menegaskan bila terpilih maka posisi jaksa agung akan diisi dari profesional bukan dari politikus.

Menanggapi janji untuk tidak mengangkat Jaksa Agung dari parpol, Rizal Ramli mengatakan, ide itu sangat bagus. Hanya saja, dia mengingatkan agar Prabowo-Sandi tak ingkar janji setelah terpilih nanti. [RY]
Advertisement

Baca Juga :