Politisi Gerindra : Allah yang Gerakkan Mbah Moen Sebut Nama Prabowo

Partai Gerindra menilai Allah-lah yang menggerakkan Kiai Maimun Zubair alias Mbah Moen menyebut nama capres Prabowo Subianto saat membaca doa di samping Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gerindra pun bersyukur Prabowo didoakan oleh Mbah Moen, yang disebut sebagai kiai besar.

"Allah yang menggerakkan, Allah, Tuhan yang Mahakuasa, Maha Esa, menggerakkan Mbah Maimun dalam doanya, sengaja di situ, di hadapan Pak Jokowi. Yang keluar lafaz dari mulut Mbah Maimun itu justru Pak Prabowo. Bagi kami, kami syukuri siapa pun, apalagi sekelas Mbah Maimun, ulama kiai besar di Jawa Tengah dan Indonesia," kata Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria, Sabtu (2/2/2019).

Selain itu, Riza menduga diucapkannya nama Prabowo oleh Mbah Moen itu karena Mbah Moen punya kesan sendiri dengan Prabowo. Dia menyebut akibat kesan tersendiri itulah Mbah Moen mengucapkan nama Prabowo saat membaca doa, meski di sampingnya berada capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

"Mungkin, yang teringat di benak Mbah Maimun presiden yang pantas, yang baik, adalah Pak Prabowo, yang berkesan. Sehingga kesan itu tidak bisa dihindari, tidak bisa dimungkiri, keluar secara refleks, keluar secara alamiah, natural keluar dari mulut, dari lafaz Mbah Maimun," ucapnya.

Potongan video doa Mbah Moen ini sebelumnya ramai dibahas karena menyebut nama Prabowo meski posisi Mbah Moen berada di sebelah Jokowi. Belakangan, Waketum PPP Arwani Thomafi, yang berada di lokasi, menjelaskan, jika dilihat secara utuh, Mbah Moen mendoakan Jokowi untuk menjadi presiden kedua kalinya.

"Saat ini beredar di publik dua video Mbah Moen berdoa. Dua video tersebut harus dilihat secara utuh, tidak bisa dibaca hanya satu video. Di video pertama yang di-framing sebagai doa untuk Pak Prabowo semestinya dilihat secara utuh," kata Arwani saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (2/2). 

Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy), yang turut hadir pada acara yang digelar di kediaman Mbah Moen di Ponpes Al-Anwar, Rembang, Jumat (1/2) malam, mengirimkan video yang menunjukkan klarifikasi Mbah Moen soal salah ucapnya. Klarifikasi tersebut langsung disampaikan Mbah Moen setelah doa yang menyebut nama Prabowo di samping Jokowi.

"Hadza (ini) Pak Prabowo, laa (bukan) Pak Prabowo, ningo (bahasa Jawa: tetapi) Pak Jokowi," ucap Mbah Moen dalam video yang dikirimkan Rommy kepada detikcom, Sabtu (2/2).[dtk]
Baca Ini Juga Ya :