Viral #YangGajiKamuSiapa, Kemenkeu Sebut PNS Digaji dari Pajak Rakyat

Pernyataan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara ke salah satu pegawainya 'yang gaji kamu siapa' bikin geger di media sosial. 

Rudiantara menyebut bahwa ASN alias PNS digaji oleh pemerintah. Hal tersebut menuai pro kontra. Banyak warganet yang protes dan menyatakan gaji PNS bersumber dari masyarakat. 

Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha menjelaskan bahwa gaji PNS diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Nah, pendapatan negara ini sumbernya beragam, salah satunya dari pajak yang dipungut dari masyarakat.

"(Gaji PNS) kan dari APBN. APBN punya siapa? masyarakat. APBN itu ada pendapatan, ada belanja. Pendapatan dari mana? dari pajak, pajak kan dari masyarakat juga kita ambil," katanya saat ditemui di Jakarta, Jumat (1/2/2018).

Berikutnya ada yang berasal dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang dikumpulkan oleh kementerian dan lembaga. Selanjutnya juga ada yang berasal dari utang.

Sumber-sumber pendapatan itu digabungkan dan dikelola ke dalam APBN. Itu nantinya digunakan untuk belanja yang salah satunya menggaji PNS.

"Pembiayaan dari pajak dan bukan pajak, pembiayaan dari utang dan bukan utang. Itu digabung untuk belanja negara, belanja ada untuk gaji, salary, ada untuk barang dan jasa, ada untuk modal, ada transfer ke daerah, ada untuk perlindungan sosial," paparnya.

Tapi dia menekankan tak ingin dikaitkan dengan persoalan Rudiantara.

"APBN itu dari kita untuk kita, ya kan, kita ambil dari masyarakat, tapi saya jangan diinikan pak Rudiantara, jangan lho. Saya kan cuma ngomong APBN, APBN itu kan dari masyarakat untuk masyarakat kan gitu," tambahnya. [dtk]
Baca Ini Juga Ya :