Kritik Kartu Pra Kerja, Arah Politik JK Makin Sulit Ditebak

Kritik Kartu Pra Kerja, Arah Politik JK Makin Sulit Ditebak
Kritik Kartu Pra Kerja, Arah Politik JK Makin Sulit Ditebak
Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali berbeda pandangan dengan Presiden Joko Widodo. Teranyar, keduanya seperti bersebrangan dalam menanggapi rencana Jokowi mengeluarkan kartu sakti baru, Kartu Pra Kerja.

JK menilai  Kartu Pra Kerja masih belum memungkinkan untuk dilaksanakan di tahun ini. Dia mengakui bahwa realisasi kartu itu membutuhkan dana besar dan tidak mungkin dimulai tahun ini.

Bagi pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie, kritik itu membuat arah politik JK semakin sulit ditebak.

“Saya salut cara dirinya memainkan pola politik defense dan offense. Tak mudah itu bisa dilakukan, tapi JK bisa. Semua pun sulit menebak cara dan strategi politiknya,” kata Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (6/3).

JK yang kini juga menjadi Ketua Dewan Pengarah TKN Jokowi-Maruf seakan-akan mementahkan pernyataan capresnya sendiri.

Bahkan pernyataan JK menjadi angin segar bagi kubu oposisi untuk menghantam petahana. JK pun seakan tak ada beban menyatakan perbedaan pandangan dari Jokowi di depan publik.

“Beliau piawai memainkan peran dalam dunia politik barangkali baginya silent is golden menjadi senjata,” pungkasnya. [rmol]
Advertisement

Baca Juga :