Masjid Bawah Tanah Pertama di Dunia Ada di Turki

Masjid Bawah Tanah Pertama di Dunia Ada di Turki
Masjid Bawah Tanah Pertama di Dunia Ada di Turki

Di Istanbul, Turki, terdapat sebuah masjid bawah tanah pertama di dunia. Masjid ini dibangun pada Mei 2011. Letaknya di kawasan Distrik Buyukcekmece.

Masjid rancangan arsitektur Emre Arolat ini, berhasil jadi pemenang kompetesi World Architecture Fest Competition untuk kategori rumah ibadah.

Emre merancang bangunan masjid itu dengan menggabungkan esensi Islam dan desain modern. Inspirasi awalnya ialah Gua Hira, lokasi Rasulullah menerima wahyu pertama. Namun, Emre merancang masjid ini dengan sangat modern.

BACA JUGA: Terbesar di Turki, Masjid Camlica Bisa Tampung 60 Ribu Jamaah

Apalagi, menurut sang arsitek, ia mendesain masjid tersebut dengan tujuan melawan isu yang memisahkan bangunan masjid dari keindahan arsitektur.

“Bertujuan untuk mengatasi isu fundamental membuat rancangan masjid dengan menjauhkan diri dari diskusi arsitektur saat ini yang didasarkan pada bentuk dan fokus hanya pada esensi rumah ibadah,” ujarnya, dikutip dari On Islam.

Masjid bernama Sancaklar tersebut dibangun dibawah tujuh meter dari permukaan. Lokasinya di 1.200 meter persegi di bawah tanah. Penerangannya dengan lampu utama dan dari sinar matahari. Cahaya yang masuk dirancang sedemikian rupa, sehingga menghasilkan efek yang menenangkan dan mendukung suasana spiritual ataupun kekhusyukan ibadah.

Dasar ruang shalatnya seperti masjid pada umumnya. Masjid tersebut dapat menampung sekitar 650 jamaah. Lokasinya pun dipilih di area yang minim masjid.

Mufti Buyukcekmece, Mehmet Narin, menyambut baik didirikannya masjid tersebut. Menurutnya, masjid didirikan di kawasan yang belum memiliki tempat ibadah. Masyarakat sangat membutuhkan keberadaan masjid.

“Masjid adalah tempat untuk merenung dan berdoa. Masjid adalah cabang dari Ka’bah. Karena kurangnya masjid di sini, di lingkungan Karaagac, masjid ini diperlukan. Kabupaten ini banyak diisi dengan vila, tapi tidak ada masjid,” ujar Mufti.

Sebelumnya, masjid yang dibangun di bawah laut telah berdiri. Masjid tersebut dibangun kerajaan Saudi di kawasan Kota Tabuk. Adapun untuk bawah tanah, masjid di Turki inilah yang pertama kali di dunia. []

Advertisement

Baca Juga :