Saking Tingginya, Ada 3 Waktu Berbuka 'Puasa' di Burj Khalifa - Dubai

Saking Tingginya, Ada 3 Waktu Berbuka 'Puasa' di Burj Khalifa - Dubai
Saking Tingginya, Ada 3 Waktu Berbuka 'Puasa' di Burj Khalifa - Dubai

Lama waktu 'berpuasa' di beberapa tempat bisa berbeda-beda. Penentuannya bergantung dari waktu matahari terbit dan terbenam. Akan tetapi, perbedaan lama 'puasa' bisa juga terjadi dalam satu tempat yang sama. Contohnya di Burj Khalifa, Dubai.

Di gedung pencakar langit tertinggi di dunia itu, ada 3 waktu berbuka 'puasa'. Mengapa demikian? Dijelaskan oleh astrofisikawan terkenal, Neil deGrasse Tyson hal itu dikarenakan perbedaan ketinggian Burj Khalifa.

"Selama Ramadan, 'puasa' di siang hari untuk umat Islam berakhir saat matahari terbenam. Tetapi untuk Burj Khalifa di Dubai, bangunan tertinggi di dunia, matahari terbenam empat menit kemudian di lantai atas"

"Penghuni di lantai yang tinggi dapat melihat melampaui cakrawala permukaan tanah, lebih jauh di sepanjang kelengkungan Bumi," tulis Neil dalam akun Twitter pribadinya seperti yang Okezone kutip, Rabu (8/5/2019).

Merangkum berbagai sumber, fakta ini telah populer selama beberapa tahun terakhir. Bahkan Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal Pemerintah Dubai mengeluarkan surat edaran yang menyatakan penduduk yang tinggal di antara lantai 60 dan 120 akan berbuka 'puasa' empat menit lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tinggal di lantai bawahnya.

Selain itu, orang-orang yang tinggal di lantai 121 atau bahkan lebih tinggi baru bisa berbuka 'puasa' enam menit setelah waktu berbuka 'puasa' mereka yang tinggal di lantai bawah.

Perbedaan ketinggian bukan hanya membuat waktu berbuka 'puasa' menjadi lebih lama melainkan waktu salat subuh yang lebih cepat. Rata-rata waktu salat mereka yang berada di lantai atas 2-3 menit lebih cepat.

Fakta ini tentu harus diperhatikan oleh umat muslim yang tengah menjalani ibadah 'puasa'. Terutama bagi mereka yang sedang berada di Burj Khalifa atau gedung-gedung pencakar langit lainnya yang memiliki lantai cukup tinggi.

Di sisi lain, selama bulan Ramadan pihak Burj Khalifa menggelar pertunjukan LED yang menawan di malam hari. Pancaran sinar warna-warni dapat dinikmati oleh pengunjung yang berada di sekitar gedung atau di pusat perbelanjaan Dubai Mall. Ada 2 karya yang dipertunjukkan dan merupakan karya terkenal dari seniman Karl Taylor Knight serta Art Noor. [okezone]
Advertisement

Baca Juga :