Polisi Sebut Penulis Kaligrafi "Basmalah" di Jalanan Bekasi Alami Gangguan Jiwa


Polisi menyebut pelaku penulis kalimat basmalah di Jalan Kusuma Utara Raya, Kota Bekasi, bernama Muhamad Iwan Saidi memiliki gangguan kejiwaan.

Sebelumnya, video tulisan basmalah itu sempat beredar di media sosial dan menjadi viral. Isu penistaan agama pun disinggung-singgung warganet.

"Pelaku mengalami gangguan jiwa sejak tahun 2009 setelah bapaknya meninggal," kata Kapolsek Bekasi Timur Kompol Sutoyo dalam keterangannya, Rabu (18/11).

Sutoyo menjelaskan tulisan itu pertama kali ditemukan oleh warga pada Selasa (17/11) sekitar pukul 04.30 WIB.

"Ditemukan tulisan huruf Arab dengan menggunakan cat tembok yang melintang di atas badan jalan," ujarnya.

Berdasarkan keterangan wakil ketua RW 17, katanya, warga melihat bahwa tulisan itu dibuat oleh seorang laki-laki berambut gondrong.

Ketua Majelis Taklim Masjid Baitussalam, Nur Islami, pun menyampaikan bahwa dirinya lantas membuat video terkait tulisan itu.

Video itu kemudian dibagikan ke grup DKM Masjid Baitussalam. "Namun siapa yang memviralkan tidak mengetahuinya," ucap Sutoyo.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari ibunya, pelaku memang memiliki gangguan kejiwaan sejak tahun 2009. Bahkan, karena gangguan jiwa itu, pelaku diceraikan oleh istrinya.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, lanjut Sutoyo, tulisan di atas badan jalan itu pun dihapus oleh pengurus masjid Baitussalam.

Sutoyo menambahkan, selain membuat tulisan di atas jalan, pelaku juga menulisi tembok rumah warga dan jalan di sekitar lingkungannya dengan berbagai tulisan.

Kemudian, lanjut Sutoyo, terkait video yang viral, Nur Islami selaku pembuat video akan membuat penjelasan.

"Ibu Hj. Nur Islami akan dibuat video penjelasan untuk meng-counter video yang viral," ucap Sutoyo.

Video tulisan lafas bismillah itu salah satunya diunggah akun Twitter @IffahAlqadrie. Dalam video itu terlihat tulisan Arab ditulis dengan cat warna putih di tengah ruas jalan.

"FYI : Astaghfirullah...Izin melaporkan ada tulisan lapaz basmalah di jalan kusuma timur duren jaya bekasi timur, depan masjid baitusalam," demikian keterangan dalam unggahan itu.[]

Baca Ini Juga Ya :

Tidak ada komentar untuk "Polisi Sebut Penulis Kaligrafi "Basmalah" di Jalanan Bekasi Alami Gangguan Jiwa"