Pemimpin Pragmatis, Jokowi Mustahil Bakal Reshuffle Menteri untuk Perbaiki Kinerja

BeritaMuslim.Info -Tingkat kepuasan kerja Presiden Joko Widodo menurun berdasarkan survei, hingga muncul desakan publik kepada kepala pemerintahan itu agar me-reshuffle menteri-menteri yang tak becus bekerja.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie berpendapat, desakan reshuffle yang semakin menguat akhir-akhir ini bakal sulit diaktualisasikan Jokowi.

Sebabnya, dia melihat karakteristik kepemimpinan Jokowi pada periode kedua pemerintahannya menunjukkan wajah yang didominasi oleh kepentingan semu semata.

“Tipikal Jokowi adalah pragmatis, skeptis serta apatis dan praktisi oportunis. Untuk reshuffle sulit dia mendengar desakan dan masukan publik,” ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (23/5).

Sebagai contoh, pakar kebijakan publik lulusan American Global University ini menyebutkan dukungan Jokowi terhadap pembangunan infrastruktur jalan non berbayar tidak lebih tinggi dari pembangunan jalan tol di berbagai daerah di Indonesia.

“Kualitas sebagai presiden untuk mengurus negara saya mempertanyakan. Sejak lama saya sudah kaji Jokowi tak bisa urus negara. Kalau sebatas Menteri PUPR masih bisa lantaran dia kerjaannya bangun jalan, bandara, jembatan sampai waduk,” tuturnya.

Maka dari itu, Jerry meyakini dari karakteristik kepemimpinan Jokowi, persoalan reshuffle tidak akan pernah diketahui orang-orang selain dirinya sendiri.

“Model pemimpin seperti ini sulit memegang janji, suka memanipulasi kebijakan dan tak berprinsip. Jadi untuk reshuffle Jokowi tak suka di desak-desak bahkan usulan semua bagaikan sampah,” tandas Jerry. 

Baca Ini Juga Ya :

Tidak ada komentar untuk "Pemimpin Pragmatis, Jokowi Mustahil Bakal Reshuffle Menteri untuk Perbaiki Kinerja"